Hallo
Semua!!
Apakah
kalian tau aplikasi instagram?
Instagram
adalah aplikasi mobile dimana pengguna dapat memposting foto dan video dengan
lampiran teks. Pengguna lain dapat menyukai, berkomentar, dan terlibat satu
sama lain pada sebuah postingan. Instagram adalah salah satu platform media
sosial yang tumbuh paling cepat.
Hal
menarik dari platform Instagram adalah penggunanya terus terlibat dalam berbagi
informasi, berinteraksi dan berkomunikasi dengan pengguna lain, serta
berkolaborasi dan berbagi ide dan pendapat melalui postingan.
Kalian
pasti penasaran bagaimana sejarah dari Instagram bukan? Mari simak ulasannya di
bawah ini.
Instagram
pertama kali dirilis pada 6 Oktober 2010 oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger.
Pada mulanya Instagram hanya tersedia di iOs, baru pada 3 April 2012 Instagram
hadir juga untuk para pengguna Android.
Pertumbuhannya
bisa dibilang cukup pesat, terlebih setelah diakuisisi oleh Facebook senilai 1
miliar Dolar AS pada 6 April 2012. Aplikasi ini meraih 80 juta pengguna setelah
3 bulan diakuisisi.
Pada
akhir 2014, instagram telah memiliki jumlah pengguna aktif sebesar 300
juta. Jumlah tersebut setara dengan jumlah pengguna Twitter yang berumur 4
tahun lebih tua dari Instagram.
Pada Mei
2016, Instagram berganti logo. Semula, logo kamera yang digunakan Instagram
terkesan lebih klasik dan vintage. Gebrakan yang paling menarik pengguna
nampaknya adalah fitur Instagram Stories dan Live Video yang sebelumnya
dimiliki oleh Snapchat.
Pada April 2022, Instagram telah memiliki jumlah pengguna aktif mencapai 1,45 miliar orang. Karena itulah Instagram menjadi aplikasi dengan pengguna nomor 4 terbanyak didunia.
Instagram
juga mempunyai fitur-fitur yang keren loh, berikut fitur-fitur yang ada di
Instagram :
1.
Instagram Live Video
fitur
agar pengguna Instagram untuk streaming video secara real-time. Kamu bisa
berinteraksi dengan follower akunmu secara langsung ketika siaran video.
2. Instagram
TV – IGTV
merupakan
fitur yang diciptakan bagi kamu yang suka membuat konten video berdurasi
panjang sekilas
mirip dengan aplikasi Youtube dimana pengguna harus
membuat channel lebih dulu sebelum upload video.
3. Instagram Hashtag
fitur
yang paling populer di Instagram hastag dapat dikatakan sebagai label atau tag
berupa kata dan simbol tertentu. Pengguna Instagram memakai label ini untuk
menghubungkan konten-konten dengan label yang sama. Menggunakan hashtag yang
tepat menjadi dasar penting bagi marketing media sosial.
4. Instagram
Stories
fitur
yang membuat pengguna membuat konten singkat dengan durasi 15 detik untuk
satu slide.
Jika durasinya lebih panjang dari 15 detik maka akan berganti
ke slide berikutnya. Setiap story memiliki batas waktu
tayang hingga 24 jam.
5. Instagram Ads
merupakan
konten berbayar untuk ditampilkan pada segmen audiens tertentu. Fitur ini
sangat berperan dalam mempercepat tercapainya target marketing sekaligus
penyedia banyak data seperti demografi, ketertarikan, dan respon audiens
terhadap konten.
6. Instagram Analytics
Instagram
memiliki fitur penilai sendiri yang sering disebut insight atau Instagram
analytic. Insight menyajikan data ke dalam tiga kategori yaitu activity,
content, dan audience. Kategori activity akan menunjukkan jumlah kunjungan ke
akun, reach, dan impression. Untuk content, kamu akan melihat data lebih
spesifik seperti like, comment, dan share. Sedangkan audience akan memberikan
gambaran tentang profil follower seperti usia, lokasi, dan waktu aktif.
Gimana??
Keren bukan?
Tetapi
dibalik itu semua pasti ada kelebihan dan kekurangannya.
Kelebihan
:
1. Mudah
digunakan kapan saja dan di mana saja
2. Digunakan
sebagai media pengembangan bisnis
3. Banyak
konten menarik yang bersifat edukatif maupun hiburan
4.
Keamanan dan privasi bagi penggunanya sangat ketat
Kekurangan
:
1.
Cukup banyak menghabiskan paket data
2.
Harus melakukan update secara berkala
3. Rawan
spamming
4.
Tidak adanya penyaring konten
Tidak ada komentar:
Posting Komentar